5 Ide Kegiatan Dengan Anak Untuk Mengasah Kreativitas

Kegiatan Dengan Anak

Menjalin hubungan baik dengan anak dapat dilakukan dengan ikut bermain dan bersenang senang bersamanya. Selain untuk menghibur, bermain dengan anak dapat mengasah kreativitas anak dalam berbagai hal. Ada berbagai ide kegiatan dengan anak agar si kecil tidak sibuk sendiri dengan game di ponselnya. Karena penggunaan ponsel yang terlalu lama dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak.

Berbagai Ide Aktivitas Menyenangkan Bersama Anak

  1. Berkebun

Berkegiatan di luar ruangan menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan bersama anak. Salah satu kegiatan tersebut adalah berkebun. Berkebun dapat dilakukan di halaman rumah. Dengan mengajari anak cara menanam tananam dan memberi kebebasan anak dalam berkreasi. Hal tersebut selain menyenangkan juga dapat memberikan stimulasi sensorik dan motorik anak.

Dengan berkebun membuat si kecil mengurangi intensitas penggunaan ponsel. Karena ada banyak dampak negatif penggunaan ponsel untuk kesehatan si kecil, salah satunya adalah gangguan mata. Dikarenakan selalu menatap layar ponsel menyebabkan mata terpapar sinar layar secara langsung. Untuk itu, berkebun menjadi salah satu rekomendasi ide kegiatan dengan anak agar membuat buah hati tidak terus – terusan bermain ponsel.

  1. Petak Umpet

Permainan ini adalah salah satu permainan yang menyenangkan bagi sebagian anak anak. Bermain petak umpet menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan di dalam rumah. Kegiatan ini dapat membuat jalinan antara anak dan orang tua lebih erat lagi. Mungkin perlu ada beberapa yang diperhatikan agar anak tidak terlalu jauh dalam bermain. Salah satunya dengan memberi batasan wilayah sebelum bermain permainan ini.

  1. Art and Craft

Mengajak bermain anak dengan membuat seni adalah salah satu referensi kegiatan yang cukup bagus. Anak diberi kebebasan dalam berkreasi dan menghasilkan proyek seni yang mengesankan. Ide kegiatan dengan anak ini dapat dilakukan dengan menemani si kecil berkegiatan seperti mewarnai, menggunting, bermain kertas lipat, dan lain – lain. Kreasi yang dihasilkan dapat menjadi salah satu pajangan di rumah.

Permainan ini dapat mengalihkan perhatian anak dari ponselnya. Kecanduan adalah salah satu dampak negatif ponsel untuk si kecil. Hal tersebut dapat menyebabkan anak selalu ingin menatap layar ponselnya dan dapat membuat pola tidur anak menjadi tidak teratur. Sebab, banyak anak yang begadang untuk bermain ponsel. Selain itu bermain ponsel juga dapat menyebabkan sakit leher karena biasanya posisi leher selalu menunduk.

  1. Bersepeda

Bermain di luar rumah memang salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, terlebih mengajak si kecil. Dengan bersepeda keliling rumah atau kompleks perumahan dapat membuat si kecil yang mudah bosan dapat bersemangat kembali. Anda bisa memberikan tantangan khusus seperti balap sepeda atau menilai jarak yang ditempuh. Bersepeda dapat menjadi ide yang menyenangkan.

  1. Tebak Lagu

Ide kegiatan dengan anak yang terakhir adalah bermain tebak lagu. Dimana selain dapat menambah wawasan si kecil tentang berbagai lagu, permainan yang cukup seru untuk dilakukan beramai ramai dengan anggota keluarga. Kegiatan ini dapat dilakukan secara bergantian dan memilih tema lagu yang menyenangkan bagi anak. Dengan hal tersebut, dapat dipastikan waktu anda bersama anak menjadi sangat menyenangkan.

Nah beberapa ide kegiatan diatas adalah hal yang patut untuk dicoba bersama si buah hati. Selain dapat menjalin hubungan baik dengan si kecil kegiatan ini juga dinilai dapat meningkatkan kreativitas anak. Beberapa permainan tersebut mengasah motorik dan sensorik anak secara tidak langsung. Anda dapat melakukannya ramai ramai bersama anggota keluarga yang lain untuk menambah keseruan kegiatan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *