5 Tips Belanja dengan Gaji Pertama


Lifestyle / Friday, November 16th, 2018

Belanja perlu dilakukan dengan bijak agar keuangan tidak bocor. Ketika berbelanja, kita harus bijak memilih mana barang yang memang harus dibeli karena dibutuhkan dan mana barang yang tidak begitu anda butuhkan. Dengan memilih barang secara bijak, maka akan jauh lebih mudah bagi anda untuk mengendalikan pengeluaran ketika belanja.

Belanja menjadi kegiatan wajib bagi semua orang karena semua orang memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Kegiatan belanja akan semakin menyenangkan jika anda bisa membeli semua kebutuhan dengan menggunakan uang hasil jerih payah sendiri. Ya, bagi anda yang sudah bekerja tentu akan terasa menyenangkan untuk membeli beragam kebutuhan memakai uang sendiri.

Belanja

Setiap orang pasti pernah mengalami saat pertama dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya adalah pertama kali mendapatkan gaji. Momen ini pasti sangat berkesan karena untuk pertama kalinya anda akan menerima uang hasil jerih payah anda sendiri. Karena itulah uang itu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Belanja dengan Gaji Pertama

Bagi anda yang baru mulai memasuki dunia kerja dan baru mendapatkan gaji pertama, anda harus pandai-pandai mengatur pengeluaran menggunakan uang yang anda dapatkan tersebut. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara belanja yang bijak dengan menggunakan gaji pertama yang anda dapatkan.

Berikut adalah 5 tips Belanja dengan gaji pertama anda :

  1. Mulai dari Kebutuhan Pribadi

Mulailah belanja kebutuhan pribadi anda. Bagaimanapun juga, anda harus belajar untuk memenuhi kebutuhan pribadi setelah anda menerima gaji pertama. Belilah barang-barang yang berhubungan dengan kebutuhan pribadi seperti perlengkapan mandi, make up, baju, dan lain sebagainya.

 

  1. Belikan Sesuatu untuk Keluarga

Jangan lupa beli sesuatu untuk diberikan kepada keluarga terutama untuk kedua orang tua. Anda bisa belanja kebutuhan makanan, baju, atau barang lain untuk diberikan kepada orang tua dan anggota keluarga lainnya. Bagaimanapun juga, keluarga berhak untuk menikmati gaji pertama anda karena hanya keluarga yang selalu ada untuk anda dalam segala situasi.

 

  1. Beli Barang yang Memang Dibutuhkan

Belilah barang yang memang anda butuhkan. Gaji pertama harus dimanfaatkan dengan maksimal. Jangan menghabiskan gaji pertama anda untuk membeli barang-barang yang tidak penting. Kalau kebutuhan utama sudah terpenuhi, barulah anda bisa mempertimbangkan membeli produk yang selama ini anda inginkan.

 

  1. Jangan Habiskan dalam Sekali Belanja

Jangan menghabiskan gaji pertama anda dalam sekali belanja. Anda harus bijak menggunakan gaji pertama dan jangan dihabiskan semua. Selain untuk belanja, sisihkan uang gaji pertama anda untuk ditabung. Jika anda sudah bisa mulai menabung sejak mendapat gaji pertama maka anda akan selalu terbiasa untuk terus menabung.

 

  1. Belanja di Tempat yang Banyak Diskon

Usahakan untuk berbelanja di tempat yang menawarkan banyak diskon. Akan jauh lebih baik jika anda lebih berhemat dan membeli barang diskon bisa menjadi cara jitu untuk berhemat. Jika anda ingin mendapat banyak promo, anda bisa memilih untuk berbelanja secara online. Apapun itu caranya, usahakan untuk memilih belanja produk-produk yang didiskon.

Itulah tadi 5 tips belanja bulanan dengan memakai gaji pertama. Karena gaji pertama pasti sangat berarti bagi anda maka usahakan untuk memakai uang tersebut dengan optimal. Nikmati gaji pertama anda dengan optimal sehingga anda bisa merasakan betapa senangnya memakai uang hasil jerih payah anda sendiri. Satu hal yang penting, pastikan anda tidak menguras habis gaji pertama yang anda dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *