5 Tips Mencegah Rambut Rontok

Masalah kerontokan rambut pasti momok yang menakutkan bagi setiap orang, bukan hanya wanita namun juga untuk pria pasti tidak ingin mengalami kerontokan rambut. Ada beberapa cara untuk mencegah rambut rontok baik menggunakan bahan alami atau bahan kimia buatan.

Mencegah Rambut Rontok

Sebelum bicara tentang cara mencegah rambut rontok,ada baiknya untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab kerontokan pada rambut. Ada banyak penyebab kerontokan pada rambut, dari sering terpapar matahari, polusi, dan debu juga sangat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Tapi bukan hanya itu, pola makan yang tidak seimbang sampai stress juga bisa membuat rambut rontok bahkan bisa mengalami kebotakan. Kebiasaan mewarnai, mencatok, atau sekedar mengeringkan rambut dengan hairdryer dengan suhu yang panas juga ikut mempengaruhi kerontokan rambut.

Nah itu beberapa penyebab kerontokan rambut, nah itu mencegahnya kali ini kami berikan beberapa tips untuk mencegah rambut rontok, yuk simak artikel ini !!!

  • Kurangi Menggunakan Catokan, Hairdryer, dan Blow

Terlalu sering menggunakan alat perawatan rambut, apalagi dengan suhu yang terlalu panas bisa membuat rambut kering dan pecah-pecah, ini menyebabkan rambut jadi mudah patah dan rontok karena suhu yang terlalu panas bisa membuat nutrisi yang ada dibatang rambut jadi menguap.

Jadi anda harus mulai mengurangi frekuensi dan durasi pemakaiannya, demi mencegah rambut rontok berangsur-angsur. Jika ingin mengeringkan rambut, keringkanlah dengan cara diangin-anginkan, atau kalau ingin lebih cepat pakailah kaos katun daripada handuk yang berserat.

  • Ikat Rambut

Bagi wanita yang sedang mengalami bad hair day, biasanya selalu mengikat rambutnya kebelakang karena sangat simple untuk dilakukan, apalagi dengan cuaca tropis di Indonesia yang cenderung panas. Namun, jangan sampai mengikatnya terlalu kencang dalam waktu lama, karena rambut juga perlu bernafas agar bisa bertahan lama.

Ketika Anda mengikat rambut terlalu kencang, tarikannya akan mencabut rambut keluar dari kulit kepala juga merusak folikelnya. akibatnya, rambut jadi mudah rontok. Folikel rambut yang rusak bisa menyebabkan rambut baru gagal tumbuh kembali sehingga mengakibatkan kebotakan di beberapa bagian kepala. Jadi sebaiknya longgarkan ikatan rambut anda, dan jangan terlalu lama mengikat rambut sesekali gerailah rambut anda untu memberi rambut waktu untuk bernafas.

  • Pilih Makan & Minuman Yang Sehat

Pilihlah makanan yang sehat, makanan sehat bukan hanya berguna untuk tubuh tapi juga untuk rambut. Asupan vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, seng, dan lain sebagainya dari sumber makanan sehat mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

  • Kurangi Menggunakan Kimia

Sering gonta-ganti warna rambut, meluruskan rambut di salon, atau perawatan rambut lainnya yang menggunakan bahan kimia lama-lama dapat merusak tekstur alami rambut. Akibatnya rambut akan cepat rapuh dan melemah, yang berujung pada kerontokan. Terlebih apabila sebelum perawatan Anda tidak mengoleskan serum atau vitamin rambut guna menjaga kesehatannya.

  • Pilih Perawatan Rambut Yang Sesuai

Kenali jenis dan tipe rambut Anda sejak dini guna mencegah risiko rambut rontok di kemudian hari. Sebab komposisi dalam produk perawatan rambut seperti shampo atau kondisioner, yang tidak cocok dengan rambut justru bisa menghilangkan nutrisi alaminya. Nantinya membuat rambut rentan patah dan rontok.

Itulah beberapa tips untuk Mencegah Rambut Rontok yang bisa anda lakukan pabila sudah mendapati tanda-tanda kerontokan rambut. Merawat rambut juga keharusan untuk dilakukan agar penampilan kita terus maksimal. Mulai sekarang yuk jaga kesehatan rambut kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *