Butuh MPASI Spesial Jika Berat Badan Bayi 6 Bulan Rendah


Keluarga / Monday, July 30th, 2018

Bunda bebas untuk memberikan menu MPASI bayi 6 bulan apa saja asalkan bahan yang digunakan bersih dan bergizi. Namun, jika berat badan si kecil begitu rendah, bunda harus pilih-pilih dalam menentukan menu makanan pendamping ASI yang akan bunda berikan.

Bunda tidak sendirian kok. Banyak bunda yang memiliki bayi yang terlihat kurus. Apalagi jika bunda sebelumnya benar-benar memberikan ASI eksklusif. Perjuangan bunda sangat berat. Terkadang produksi ASI kurang sehingga bayi terlihat kurus.

MPASI Bayi 6 Bulan

Dan jika dibandingkan dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula sebelum usia 6 bulan, kebanyakan bayi dengan ASI eksklusif itu sedikit lebih kurus. Namun, jangan khawatir ya bunda. Kondisi seperti itu bukan berarti bayi kurang sehat. Itu hal yang wajar. Bisa dipahami jika bayi yang mendapatkan susu formula itu sedikit lebih gemuk lantaran ia mendapatkan gula, lemak, dan juga protein dari susu tersebut.

Yang perlu bunda lakukan adalah segera mencari tahu resep makanan bayi 6 bulan penambah berat badan. Apa saja itu?

  1. Bubur Kentang

Paling mudah adalah membuatkan menu MPASI berupa bubur. Akan tetapi, bubur tidak selalu terbuat dari nasi ya bunda. Bunda bisa juga membuatkan bubur dari kentang.

Kenapa kentang? Karena di dalam kentang, terdapat lemak jenuh. Meskipun jumlahnya tidak terlalu tinggi, namun ini bisa memberikan perubahan signifikan pada berat badan si kecil.

Namun, harus dipahami juga berat badan bayi itu tidak hanya ditentukan oleh protein, lemak, dan gula saja. Kenaikan berat badan harus juga disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang kuat. Dan tepat jika bunda memberikan menu bubur kentang lantaran kentang mengandung kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tulang.

Agar bubur kentang lezat, bunda bisa berkreasi. Jangan hanya merebus dan melunakkan kentang. Bunda harus tambahkan dengan yang lain seperti kaldu ayam, wortel yang dihaluskan, serta ASI. Dengan demikian, menu makanan pendamping ASI bayi 6 bulan yang bunda buat akan disantap dengan lahap oleh si kecil.

  1. Bubur Kacang Hijau

Salah satu sumber protein tertinggi adalah kacang-kacangan. Dan protein inilah berperan untuk menaikkan berat badan bayi. Jadi, bunda bisa buatkan makanan pendamping ASI dari bahan kacang-kacangan. Yang paling mudah adalah bubur kacang hijau. Akan tetapi, bunda harus buat bubur yang sangat halus. Jika perlu, rebus kacang hijau hingga benar-benar lunak. Lalu, lembutkan dengan sendok sebelum kacang hijau bunda suapkan kepada bayi 6 bulan.

  1. Bubur Daging

Jika selama ini bunda membuatkan bubur dari nasi, coba bunda tambahkan daging. Bunda bisa pilih daging apa saja. Namun, akan lebih baik jika bunda memilih daging ayam bagian paha yang kandungan proteinnya tinggi.

Namun, daging tersebut harus dihaluskan. Jadi, sebelumnya daging direbus lalu dihaluskan dengan blender. Lalu, daging halus tersebut baru bisa dicampurkan ke dalam bubur.

Terlepas dari hal tersebut, bunda juga harus mengatur waktu makan bayi. Jadwal makan juga mempengaruhi berat badan lho. Jangan remehkan yang satu ini.

Tubuh bayi memiliki siklus. Dan bunda harus mengikuti siklus tersebut. Pahami kapan tubuh bayi membutuhkan nutrisi. Makanya, buat jadwal pemberian MPASI yang tepat. Jangan asal memberikan makanan kepada si kecil.

Jadi, dua hal penting agar bunda berhasil menambah berat badan bayi. Yang pertama, buatkan menu MPASI yang tepat. Yang kedua, berikan MPASI bayi 6 bulan sesuai dengan jadwal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *