Fahami Ini Agar Mudah Klaim Polis Asuransi Jiwa

Literasi masyarakat Indonesia memang tergolong rendah, tak ayal banyak masyarakat yang kurang suka dalam membaca, bahkan untuk urusan yang penting sekalipun seperti urusan Polis Asuransi, padahal polis asuransi merupakan hal yang penting harus diketahui sebelum membeli jasa asuransi.

Polis Asuransi

Pasalnya ketidakfahaman terhadap polis asuransi yang Anda pilih bisa saja menimbulkan masalah nantinya. Polis menjadi hal yang wajib untuk Anda baca dan pahami dengan baik. Sebab berbagai hak dan kewajiban akan dimuat di dalamnya. Jangan sampai Anda mengalami gagal klaim atau masalah lainnya atas asuransi yang Anda gunakan.

Namun bagi anda yang memang kurang suka atau kurang faham dengan polis asuransi namun ingin membeli asuransi, berikut ini kami berikan beberapa poin yang harus kamu ketahui tentang polis asuransi.

  1. Minimal baca lembar pernyataan

Hal penting yang pertama dilakukan adalah membaca lembar pernyataan atau ikhtisar. Lembar ini biasanya tidak banyak hanya 2-3 lembar saja namun sangat penting untuk dilakukan.

Isi ikhtisar biasanya berupa data tertanggung, data pemegang polis, uang pertanggungan, lingkup jaminan, periode asuransi, biaya tambahan, premi, dan lain sebagainya. Ikhtisar polis berisi data-data yang berasal dari surat permohonan asuransi yang telah diisi oleh nasabah. Anda harus memeriksa polis asuransi tersebut dengan teliti karena mungkin saja terdapat data dalam ikhtisar polis yang tidak sesuai dengan data yang diberikan dan penawaran yang diterima.

  1. Fahami Pengecualian dalam polis asuransi

Setiap polis memiliki daftar mengenai berbagai hal di luar rencana perlindungan Anda. Hal itu disebut sebagai pengecualian. Contohnya saja peristiwa kecelakaan karena sesuatu yang bukan termasuk tanggungan seperti olahraga ekstrem, bunuh diri atau bila Anda menyakiti diri sendiri atau melanggar ketentuan hukum. Namun, di pasaran kini mulai beredar beberapa perusahaan asuransi yang berlomba-lomba dalam mengecilkan konteks pengecualian.

  1. Fahami Glosari

Sebagian besar polis mencakup halaman glosari yang mengandung definisi istilah-istilah asuransi yang terdapat dalam polis. Keberadaan glosari untuk memudahkan nasabah dalam memahami fungsi dan istilah asuransi yang mungkin sulit dipahami. Apabila ada hal yang belum jelas, perusahaan penyedia asuransi pada umumnya menyediakan layanan pelanggan yang dapat membantu para nasabah.

  1. Ketentuan Premi

Premi juga menjadi hal yang sangat penting untuk Anda pahami secara detail. Bisa saja perusahaan asuransi menerapkan sejumlah aturan terkait dengan hal tersebut. Beberapa poin di bawah ini menjadi hal penting yang wajib Anda cermati terkait dengan premi asuransi.

  • Jumlah premi yang harus dibayarkan, jangka waktu pembayaran, cara pembayaran, dan berbagai ketentuan lainnya terkait dengan pembayaran tersebut.
  • Ketentuan yang terkait dengan keterlambatan pembayaran premi. Dalam hal ini, perusahaan asuransi akan menerapkan kebijakan tertentu yang sangat mungkin akan berpengaruh pada keefektifan layanan asuransi yang Anda miliki tersebut.
  • Pemulihan kembali polis yang sudah lapse (tidak aktif) kalau sewaktu-waktu Anda mengalami tunggakan premi yang mengakibatkan polis tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya.
  1. Pemotongan Biaya

Sejumlah biaya yang diterapkan di dalam layanan asuransi Anda tentu menjadi hal yang wajib untuk dipahami sejak awal. Sebab ini akan mengurangi manfaat yang Anda dapatkan. Simak beberapa biaya yang patut dicermati, terutama bila mengambil asuransi unit link.

  • Biaya Pemeliharaan
  • Biaya Pertanggungan Dasar
  • Biaya Perubahan Alokasi Dana Investasi (Switching)
  • Biaya Administrasi Bulanan
  • Biaya Pengelolaan Dana (per tahun)

Itulah sedikitnya hal yang wajib diperhatikan sebelum menggunakan cara asuransi yang terpenting faham betul polis asuransi yang akan dipakai. Sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap layanan yang Anda dapatkan di dalam produk asuransi tersebut. Baca dan pahami secara detail polis yang Anda miliki sehingga Anda bisa melihat dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Pastikan Anda memiliki polis yang tepat sehingga manfaatnya bisa terasa maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *