Ide Resep MPASI 8 Bulan Enak dan Bergizi


Keluarga, Kesehatan / Saturday, March 2nd, 2019

Butuh ide resep MPASI 8 bulan? Kali ini kita akan berbagi tentang inspirasi resep MPASi untuk bayi usia 8 bulan. Seperti kita tahu bahwa bayi membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Tak hanya lewat ASI, jika usia bayi sudah memasuki 6 bulan maka ia harus mendapatkan asupan nutrisi lewat makanan tambahan atau makanan pendamping.

Resep MPASI 8 Bulan

Sebagai seorang ibu, Anda harus kreatif memberikan makanan pendamping yang enak dan juga bergizi tinggi. Jika anak diberi makanan yang itu-itu saja tentu mereka akan cepat bosan. Agar anak tidak bosan dan nafsu makannya terjaga, maka ibu perlu berpikir kreatif menciptakan kreasi makanan yang beragam jenisnya.

Bayi usia 8 bulan memiliki sistem pencernaan yang belum terbentuk sempurna. Para ibu harus berhati-hati memberikan makanan tambahan untuk bayi yang baru berusia 8 bulan. Tekstur makanan masih harus dibuat halus agar bayi bisa lebih mudah mencerna dan tidak tersedak. Langsung saja, mari kita ciptakan kreasi MPASI yang tidak ribet tapi bergizi tinggi.

Ide MPASI

Berikut adalah beberapa ide resep MPASI 8 bulan yang enak dan bergizi :

  1. Bubur Beras Merah dan Daging

Beras merah memiliki kandungan gizi yang baik untuk bayi. Anda bisa membuat bubur dari beras merah dengan cara menumbuk beras merah sampai berbentuk seperti tepung. Kemudian masak beras tersebut dengan menggunakan air sampai teksturnya sangat lunak.

Sebagai tambahan, Anda bisa memasukkan daging ayam yang sudah dicincang halus. Jika ingin menggunakan sayur, Anda bisa menambahkan bayam dan wortel yang terlebih dahulu sudah dikukus dan dicincang halus. Masukkan bahan-bahan tambahan ini setelah bubur merah sudah matang lalu aduk sampai rata.

  1. Bubur Kentang

Kentang juga sering dijadikan sebagai pilihan bahan untuk membuat bubur MPASI. Tak haru selalu dijadikan sebagai bahan dalam sop, kentang juga bisa dibuat bubur. Anda bisa memasak bubur kentang sebagai sumber karbohidrat dan nutrisi lain bagi tubuh. Untuk memasak bubur kentang, silakan siapkan kentang kukus, keju parut, dan susu formula cair.

Siapkan kentang kukus kemudian haluskan sampai benar-benar halus. Masukkan kentang ke dalam panci lalu rebus menggunakan susu formula cair. Pastikan Anda menggunakan api kecil agar tidak merusak nutrisi pada susu. Aduk kentang dan susu sampai merata kemudian taburi dengan keju parut. Bubur kentang sudah siap disajikan.

  1. Bubur Pisang dan Susu

Pisang menjadi buah favorit untuk dijadikan MPASI. Rasa pisang yang manis sangat disukai oleh bayi, ditambah lagi kandungan nutrisi pada pisang yang baik bagi kesehatan tubuh. Cara membuat bubur pisang dan susu sangatlah mudah. Anda bisa melumatkan daging buah pisang terlebih dahulu, pastikan sampai benar-benar lembut.

Selanjutnya, tambahkan susu formula cair sedikit demi sedikit ke dalam pisang yang sudah dilumatkan. Jumlah susu cair yang bisa ditambahkan tergantung selera. Jika teksturnya sudah dirasa pas, maka bubur pisang dan susu siap untuk disajikan.

  1. Pure Jagung Manis

Jagung manis juga menjadi salah satu jenis sayur yang banyak dijadikan sebagai bahan membuat MPASI. Cara membuat pure jagung manis sangatlah mudah. Silakan kukus jagung manis terlebih dahulu sampai teksturnya benar-benar lunak.

Setelah jagung manis dikukus, ambil biji jagung dan lumatkan sampai halus. Kemudian masukkan susu formula cari ke dalam mangkuk dan campurkan dengan jagung manis yang sudah dihaluskan. Hampir sama seperti membuat bubur pisang dan susu. Setelah mendapat tekstur yang diinginkan, pure siap disajikan.

Itulah beberapa ide MPASI 8 bulan yang bisa Anda coba. Sangat mudah dan praktis sekali ya, Bunda? Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *