Inilah 5 Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

Penyebab gigi berlubang bisa bermacam-macam bisa disebabkan dengan adanya bakteri dalam mulut, mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis berlebihan, dan kebiasan sering ngemil. Gigi yang berlubang merupakan masalah kesehatan mulut yang sering dialami.  Gigi berlubang bisa terjadi pada semua orang. Namun, anak-anak lebih mudah mengalami gigi yang berlubang. Hal tersebut terjadi karena enamel gigi pada anak-anak belum matang sehingga mudah keropos menjadi penyebab gigi berlubang.

Penyebab Gigi Berlubang

Jika gigi berlubang tidak segera ditangani maka akan bertambah besar lubang tersebut dan akan berpengaruh pada lapisan gigi yang lebih dalam. Hal itu akan menyebabkan sakit gigi yang kronis hingga terjadinya infeksi bahkan hilangnya gigi. Anda bisa pergi ke dokter gigi secara rutin untuk memeriksa gigi dan juga sikat gigi minimal dua hari secara teratur agar mencegah gigi berlubang.

Berikut ini akan disampaikan 5 hal yang menjadi penyebab gigi berlubang :

  1. Bakteri

Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang akan sulit dihilangkan, hal ini karena bakteri tersebut sangat mirip dengan beberapa bakteri berbahaya lainnya yang bertahan hidup di dalam rongga mulut manusia. Adapun beberapa jenis bakteri yang menyebabkan gigi berlubang adalah bakteri lactobacillus acidophilus, enam spesies bakteri streptokokus, bakteri odontomyces viscoses.

 

  1. Timbulnya Plak Pada Gigi

Mulut kita mengandung beberapa jenis bakteri yang akan berkembang lewat makanan atau minuman yang memiliki kandungan beberapa zat seperti gula. Saat kandungan zat gula tidak  dibersihkan dari gigi, maka bakteri tersebut akan segera menyerang gula dan akan menghasilkan asam. Lalu bakteri akan membentuk plak bakteri.

Jika plak tersebut terus menumpuk dapat menyebabkan karang gigi. Kandungan zat asam yang dimiliki plak akan mengilangkan enamel gigi atau mineral gigi. Jika dibiarkan akan menyebabkan sakit gigi kronis yang akan menyiksa Anda.

  1. Pola makan

Penyebab gigi berlubang selanjutnya yaitu pola makan. Jika Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat tinggi maka akan dapat meningkatkan kerusakan pada gigi. Beberapa jenis makanan tersebut adalah permen, gula, cokelat, minuman bersoda, makanan yang memiliki kandungan tepung tinggi seperti, keripik, biskuit, pretzel, roti dan masih banyak lagi.

Ada juga beberapa jenis obat-obatan yang memiliki kandungan gula. Jadi alangkah baiknya jika Anda memilih henus makanan dan minuman juga obat-obatan yang memiliki kandungan bebas gula, hal itu akan lebih aman bagi kesehatan gigi Anda.

  1. Kebersihan Mulut yang Buruk

Jika seseorang tak rutin dalam menyikat gigi, hal itu akan meningkatkan resiko untuk terjadi kerusakan pada gigi, terutama gigi berlubang. Oleh karena itu demi kesehatan mulut dan gigi Anda, sebaiknya menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari dengan menggunkan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride supaya terhindar dari gigi berlubang dan juga bau mulut. Karena lubang pada gigi merupakan salah satu penyebab bau mulut  yang bisa dikategorikan sangat parah.

  1. Kebiasaan Merokok

Perokok aktif akan lebih besar memiliki resiko untuk mengalami gigi berlubang. Hal tersebut karena di dalam tembakau ada kandungan yang bisa mengganggu produksi air liur. Air liur memiliki fungsi membantu agar permukaan gigi  tetap bersih dan membuat mulut tidak bau.

Demikan beberapa penyebab gigi berlubang yang perlu diketahui. Mengetahui penyebab di atas bisa menjadi langkah preventif Anda agar terhindari dari gigi berlubang. Ya, alangkah baiknya jika menjaga kesehatan gigi dan mulut sebelum terlambat. Ingat pepatah lama bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *