Inspirasi Resep MPASI untuk si Buah Hati


Keluarga / Friday, February 22nd, 2019

MPASI seperti apa yang bisa dicoba hari ini? Mungkin pertanyaan semacam ini sering sekali ditanyakan oleh para ibu di luar sana. Karena harus menyediakan makanan pendamping ASI setiap hari, seringkali para ibu bingung dengan apa Resep MPASI yang harus dibuat. Apalagi kalau anak sudah mulai merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Resep MPASI

Setelah anak menginjak usia 6 bulan dan menyelesaikan tahap pertama ASI eksklusif, maka tugas ibu menjadi semakin berat. Ibu harus mempersiapkan makanan pendamping ASI untuk dikonsumsi oleh si buah hati. Mungkin terdengar sederhana dan mudah namun menyediakan makanan pendamping ASI tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Namun tidak semua jenis makanan bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Selain itu, tekstur makanan juga harus dibuat sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan anak dalam mencerna makanan. Kali ini kita akan berbagi ide resep MPASI yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi.

Inspirasi MPASI

Agar anak makan dengan lahap setiap hari, maka ibu harus cerdas dan kreatif membuat makanan pendamping ASI. Memang tidak mudah membuat makanan pendamping yang enak dan nutrisinya lengkap. Apalagi Anda harus membuat makanan itu setiap hari, bukan tidak mungkin Anda akan kehabisan ide.

Berikut adalah beberapa ide MPASI yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda :

  1. Nasi Tim Ayam

Nasi tim sebenarnya menjadi menu makanan yang sangat mudah untuk dibuat dan diberikan kepada anak sebagai makanan pendamping ASI. Cara membuatnya juga cukup mudah. Nasi bisa dimasak sampai cukup lembek kemudian ditambahi topping yang beragam, Anda bisa memakai suiran ayam atau daging ikan.

 

  1. Risotto Ayam dan Sayur

Risotto juga menjadi jenis makanan yang cocok diberikan kepada anak-anak. Risotto adalah nasi yang dimasak sampai lembut kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Anda bisa menambahkan daging ayam dan aneka jenis sayur seperti wortel maupun brokoli. Taburi sedikit keju supaya membuat anak lebih bersemangat untuk makan.

  1. Perkedel Lele

Perkedel juga menjadi pilihan makanan yang cocok diberikan kepada anak-anak sebagai pendamping ASI. Perkedel terbuat dari kentang rebus yang dihancurkan lalu dibentuk bulat-bulat dan digoreng. Supaya ada variasinya, Anda bisa menambahkan daging lele yang dihaluskan. Untuk anak-anak, sebaiknya perkedel tidak digoreng tetapi dipanggang.

  1. Sop Ayam

Sop ayam tampaknya menjadi menu wajib yang sering dibuat oleh para ibu untuk anak-anak. Sop ayam sangat mudah dibuat dan proses pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa menambahkan banyak jenis sayuran ke dalam sop ayam. Anak-anak juga biasanya akan suka jika sop ayam diberi tambahan potongan sosis.

  1. Bubur Oat Sayur

Seringkali anak akan merasa bosan jika makan nasi terus. Untuk mengatasi rasa bosan itu, silakan Anda berikan bubur oat. Bubur oat bisa diberi tambahan aneka jenis sayuran dan daging ikan. Tambahkan bahan-bahan makanan favorit anak untuk menambah nafsu makan mereka.

  1. Bubur Tenggiri dan Wortel

Ikan tenggiri mengandung kandungan gizi yang sangat baik untuk diberikan kepada anak. Anda bisa menggunakan ikan tenggiri sebagai lauk untuk dicampurkan pada bubur. Sebelumnya Anda bisa merebus dulu ikan tenggiri sebelum dicampurkan dengan bubur beras.

 

Itulah tadi beberapa ide MPASI yang bisa Anda coba. Pastikan semua alat yang akan digunakan untuk mengolah makanan pendamping ASI sudah bersih. Ciptakan kombinasi menu makanan setiap hari agar anak tidak merasa bosan dengan makanan yang ia konsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *