Kriteria Minyak Goreng yang Aman untuk Kesehatan

Minyak goreng merupakan salah satu bahan masakan yang harus selalu tersedia di dapur. Makanan yang sehat juga tergantung dari jenis minyak yang digunakan untuk menggoreng. Akan percuma jika Anda mengolah bahan makanan yang segar dan menyehatkan namun Anda masih menggunakan minyak goreng yang kurang berkualitas. Inilah mengapa Anda tidak boleh asal saat memilihnya. Apa lagi bahan yang satu ini nyaris tidak pernah absen dalam setiap olahan masakan Anda.

Minyak Goreng

Pemilihan minyak yang tepat sangat mempengaruhi kesehatan. Terlebih jika di dalam keluarga Anda sudah ada orang tua yang berusia lanjut di mana sangat sensitif terhadap makanan berminyak. Itu artinya Anda harus memastikan bahwa minyak yang digunakan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya sehingga tidak membahayakan kesehatan. Berikut ini kriteria minyak goreng yang aman untuk kesehatan.

  1. Kandungan Lemak

Minyak untuk goreng makanan yang sehat memiliki kriteria kandungan lemak jenuh yang kecil. Kandungan ini akan melindungi tubuh Anda dari bahaya kolesterol. Salah satunya bisa didapatkan dari minyak zaitun dengan kadar lemak jenuh 14%, kadar lemak tak jenuh tunggal sebesar 78% dan lemak tak jenuh ganda sebesar 8%. Umumnya minyak dengan kadar asam lemak jenuh yang rendah tidak akan mudah membeku.

  1. Tidak Lengket dan Mengalir

Coba perhatikan, apakah minyak yang Anda gunakan tersebut teksturnya cair dan mengalir atau justru lengket dan menggumpal? Minyak yang aman dan berkualitas adalah yang cair dan mengalir.

  1. Aroma Menyegarkan

Minyak goreng yang memiliki aroma menyegarkan merupakan salah satu ciri minyak yang aman untuk digunakan. Minyak ini bebas dari kandungan kolesterol karena bebas dari aroma bau tengik. Jadi, ketika Anda menggunakan minyak dan tercium bau yang tidak sedap, maka sebaiknya jangan digunakan lagi.

  1. Titik Didih yang Tinggi

Minyak yang kandungannya bagus adalah yang memiliki titik didih tinggi. Ketika digoreng minyak berkualitas ini tidak akan menimbulkan asap yang banyak. Anda bisa menilainya dengan mudah saat menggoreng. Minyak juga tidak mudah menguap saat digunakan untuk menggoreng.

  1. Memiliki Kandungan Antioksidan

Minyak yang mengandung antioksidan baik untuk dikonsumsi. Pada minyak kandungan ini disebut polifenol. Kandungan tersebut akan bekerja untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satu jenis minyak yang bisa Anda gunakan dengan kandungan ini adalah minyak zaitun atau bisa juga minyak canola.

Minyak ini merupakan minyak dengan kandungan rasa yang netral. Anda aman menggunakan minyak canola karena sudah melewati proses penyulingan yang kompleks. Kandungan phythosterol juga dapat menghambat perkembangan kanker di dalam tubuh.

  1. Memiliki Kandungan Magnesium

Pilihlah minyak yang mengandung magnesium. Kandungan ini aman untuk penderita diabetes. Selain itu magnesium ini juga membantu menurunkan tekanan darah. Minyak yang memiliki kandungan magnesium bersifat anti radang, sehingga Anda tidak akan mengalami sakit tenggorokan saat menggunakannya untuk memasak.

Demikianlah beberapa kriteria minyak goreng yang aman untuk kesehatan. Perlu diketahui bahwa Anda memungkinkan untuk memasak setiap hari dan itu artinya Anda akan lebih sering menggunakan minyak untuk mengolah makanan. Bisa dibayangkan bagaimana kesehatan Anda jika minyak yang digunakan tidak terjamin kualitasnya?

Oleh karena itu mulailah selektif saat memilih minyak goreng. Banyak sekali jenis dan merk minyak yang dijual di pasaran, namun tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Untuk itu pastikan Anda benar-benar memilih minyak yang mengandung nutrisi dan tentunya menyehatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *