Mengenal Macam Spare Part Motor dan Fungsinya


Otomotif / Wednesday, February 20th, 2019

Sparepart motor terdiri dari banyak sekali jenisnya. Seperti kita tahu bahwa sebuah motor bisa berjalan dengan baik karena setiap spare part menjalankan fungsinya masing-masing dengan benar. Semua spare part juga saling mendukung satu sama lain sehingga bisa mendukung sebuah sepeda motor untuk berjalan dengan lancar sesuai fungsinya.

Sparepart

 

Motor menjadi salah satu alat transportasi favorit di Indonesia. Sebagian besar orang di Indonesia menggunakan motor untuk beraktivitas sehari-hari. Namun, jangan hanya mau memakainya, Anda juga sebaiknya tahu apa saja yang dibutuhkan agar sebuah motor bisa berjalan dengan baik. Ya, Anda perlu tahu sparepart apa saja yang dibutuhkan oleh sebuah motor.

Setiap spare part yang ada pada motor menjalankan fungsi yang berbeda-beda. Perawatan setiap jenis spare part juga tidaklah sama. Jika satu saja spare part rusak maka akan muncul masalah pada sepeda motor Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin demi memastikan kondisi spare part pada motor.

Jenis Sparepart

Bagi Anda yang mengenal bidang permesinan tentu sudah tidak asing lagi dengan macam-macam sparepart motor. Seperti kita tahu bahwa setiap sparepart menjalankan fungsinya masing-masing. Satu saja ada masalah pada sparepart maka motor bisa tidak berjalan seperti biasanya.

Bagi Anda pengguna motor di luar sana, berikut adalah bebrapa jenis sparepart yang perlu diketahui :

  1. Aki

Aki motor merupakan bagian sparepart yang sangat penting kehadirannya. Aki motor inilah yang akan berpengaruh besar pada kemampuan mesin motor untuk menyala dan berjalan. Aki berperan sebagai penyalur daya sehingga mesin motor bisa dihidupkan. Bisa dikatakan bahwa aki merupakan jantung dari sebuah sepeda motor.

  1. Busi

Busi juga memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya dari aki motor. Busi merupakan sparepart yang memiliki fungsi penyala api. Busi akan menjadi penyala api untuk membakar bahan bakar sehingga mesin motor bisa bekerja. Ada banyak sekali tipe busi yang beredar saat ini seperti busi standar, busi elektroda, busi resistor, busi iridium, dan lain sebagainya.

  1. Ban

Kita semua tentu tahu apa itu ban dan fungsinya bagi sebuah sepeda motor. Coba bayangkan kalau tidak ada ban, maka motor Anda tidak akan bisa berjalan dengan baik. Ban menjadi bagian dari sparepart motor yang harus diperhatikan kualitasnya. Tipe ban yang dipakai juga harus sesuai dengan jenis motor yang Anda gunakan.

  1. Rantai

Rantai menjadi bagian dari motor yang berfungsi sebagai penerus gerakan yang berasal dari mesin motor. Penerusan gaya ini dilakukan melalui gear yang terdapat di bagian depan maupun di bagian belakang. Rantai bisa bekerja dengan baik jika diberi oli atau cairan khusus lainnya untuk menjaga kelembaban rantai agar rantai bisa berputar dengan lancar.

  1. Lampu

Lampu menjadi salah satu sparepart motor yang sangat penting untuk diperhatikan kondisinya. Lampu akan berpengaruh besar pada keselamatan pengendara. Pastikan bahwa semua lampu motor menyala dengan baik dan tidak ada yang rusak. Jika ada bagian lampu yang rusak, maka Anda harus segera menggantinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Itulah tadi beberapa jenis sparepart motor beserta fungsinya. Bagi Anda yang menggunakan motor dalam kegiatan sehari-hari maka pastikan untuk memeriksa kondisi sparepart secara rutin. Pastikan bahwa sparepart selalu dalam kondisi bagus sehingga tidak membahayakan diri Anda saat berkendara. Jika sudah rusak, maka segera ganti demi keselamatan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *