Pantau Jadwal Pilpres 2019 untuk Sambut Pesta Demokrasi

Tahun 2019 terkenal dengan sebutan tahun politik sekaligus tahun pesta demokrasi. Pasalnya, di tahun ini akan digelar pemilihan umum presiden dan wakil presiden untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan. Jadwal pilpres 2019 sudah mencakup semua agenda yang akan dilaksanakan hingga pengumuman dan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Pilpres

  1. Pendaftaran Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Setiap agenda resmi pasti mempunyai jadwal agar mempunyai sistematika yang baik. Jadwal tersebut juga sudah ditentukan jauh-jauh hari sebelum proses pendaftaran pasangan calon. Penetapan jadwal tersebut juga sudah melalui banyak pertimbangan karena menentukan persiapan untuk penyelenggaraan pilpres yang terbaik.

Penentuan jadwal pilpres tahun 2019 ini sudah memuat persiapan, yaitu dari pendaftaran pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Dalam jadwal, tercatat bahwa pendaftaran paslon berlangsung selama tujuh hari, yaitu mulai tanggal 4-10 Agustus 2018.

  1. Pengumuman Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden

Jadwal selanjutnya adalah penetapan dan pengumuman paslon capres dan cawapres 2019. Setelah melalui proses pendaftaran, diketahui dua pasangan capres dan cawapres yaitu pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi.

Keduanya adalah paslon pilpres 2019 yang sudah melewati proses pendaftaran sesuai prosedur dan memenuhi syarat menjadi paslon. Kedua pasangan calon tersebut juga tidak mengundurkan diri hingga jadwal pengumuman sekaligus penetapan paslon resmi yaitu pada tanggal 20 September 2018.

  1. Penetapan Nomor Urut

Selang satu hari setelah ditetapkannya pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, ditetapkanlah nomor urut bagi setiap paslon pada tanggal 21 September 2018. Berdasarkan hasil penentuan nomor urut tersebut, dinyatakan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf mendapatkan nomor urut 1 dan pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan nomor urut 2.

  1. Masa Kampanye

Menurut jadwal pilpres 2019, masa kampanye kedua paslon berlangsung mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. Kampanye ini merupakan suatu momentum berharga bagi setiap pasangan calon untuk meyakinkan rakyat bahwa dirinya layak menjadi wakil rakyat. Visi misi hingga program kebijakan sudah disosialisasikan kedua paslon tersebut.

Kampanye dalam bentuk beragam kegiatan juga sudah dilakukan. survei dengan kunjungan ke berbagai penjuru negeri juga sudah dilakukan. Tim sukses dari kedua pasangan calon ikut membantu menyukseskan kegiatan kampanye.

  1. Masa Tenang

Agenda selanjutnya setelah masa kampanye berakhir adalah masa tenang. Pada tahap ini, setiap pasangan calon beserta tim suksesnya dan siapapun itu dilarang untuk berkampanye. Masa tenang ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh rakyat Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih agar menentukan dengan tepat siapa yang akan dipilih.

  1. Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2019

Setelah menggelar masa tenang pada tanggal 14-16 April 2019, hari berikutnya yaitu tanggal 17 April adalah pemilu. Dalam satu hari, dilakukanlah dua agenda yaitu proses pemungutan suara dan perhitungan suara. Puncaknya, pada tanggal 25 April-22 Mei 2019 dilaksanakan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilu tingkat nasional.

Setelah diumumkan hasilnya, Anda dapat mengetahui siapa presiden dan wakil presiden terpilih. Merekalah pasangan pemimpin bangsa dalam waktu lima tahun mendatang. Kebijakannya akan menentukan arah pergerakan bangsa.

  1. Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

Agenda pilpres 2019 tentunya akan berakhir setelah pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. Pada tanggal 20 Oktober 2019, akan dilaksanakan sumpah janji presiden dan wakil presiden dalam prosesi pelantikan menjadi presiden dan wakil presiden Republik Indonesia.

Sebagai rakyat Indonesia yang baik, Anda harus menaati semua peraturan termasuk dalam memilih wakil rakyat. Pilihlah pemilik kebijakan yang bermoral, bijaksana, dan visioner. Ketahuilah jadwal pilpres 2019 dengan lengkap sebagai bentuk menghargai dan sebagai bekal dalam menyambut pesta demokrasi yang akan digelar 17 April mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *