Pengadaan Barang dan Jasa Via B2B atau SaaS, Lebih Baik Mana?

Dalam memenuhi kebutuhan perusahaan, kamu tentunya harus melakukan pengadaan barang dan jasa. Saat ini, kamu bisa melakukan pengadaan dengan sistem daring menggunakan Software as A Service atau SaaS dan bisa juga menggunakan Business to Business atau B2B seperti yang ditawarkan oleh Mbizmarket. Mana yang lebih baik?

Pengadaan Barang Dan Jasa

Kelebihan Pengadaan Barang dan Jasa Via B2B dan SaaS

Bagi pengembang atau pengelola, menggunakan kedua hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk bisnis yang sedang mereka lakukan. Namun, tentu saja kedua hal ini memiliki kelebihan masing-masing yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk ecommerce berbasis B2B seperti Mbizmarket sebenarnya dianggap lebih aman.

Itu dikarenakan ia menggunakan server penyimpan data yang menyimpan data transaksi kamu di sana. Selain itu, pengembangnya juga bisa lebih bebas mengubah tampilan dan fitur yang ada di dalamnya untuk mempermudah konsumen dalam mendapatkan barang yang dibutuhkan.

Berbeda dengan sistem SaaS. Ini adalah sistem yang lebih sederhana dan mudah digunakan oleh siapapun. Biasanya, SaaS ini didapat dari sebuah provider yang menyediakan penyewaan server. Kelebihan dari menggunakan SaaS dalam mengadakan barang dan jasa adalah harganya yang cenderung lebih murah.

Kekurangan Pengadaan Barang dan Jasa Via B2B dan SaaS

Selain kelebihan, tentu saja kedua cara ini juga memiliki kekurangannya masing-masing. Untuk SaaS misalnya, sistem cloud computing adalah kelemahannya. Psistem cloud computing dari SaaS ini memiliki kekurangan dalam penyimpanan data. Data pembeli dan data transaksi lebih rentan hilang dan juga dibajak.

Kekurangan lain dari ssitem ini adalah pengguna tak bebas melakukan customization atau penyesuaian. Pembaharuan hanya bisa dilakukan oleh provider dan itupun tak bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Sedangkan untuk kekurangan dari sistem B2B adalah harga yang jadi salah satu pertimbangan besar.

Vendor memang bebas menyesuaikan harga dari barang yang dijualnya. Hal inilah yang jadi pertimbangan bahwa konsumen kurang memilih untuk yang satu ini. Namun kini, penggunaan layanan e-procurement bisa lebih memudahkan pengguna dalam memakainya.

Pengadaan Barang dengan B2B atau SaaS, Mana yang Lebih Baik?

Bila ditanya mana yang lebih baik di antara keduanya, kamu harus tahu dulu mana platform yang mewakili perusahaan kamu lebih dulu. Kamu bisa saja memilih keduanya atau hanya salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan perusahan kamu.

Namun, jika faktor keamanan adalah pilihan kamu yang paling utama, tentu saja ecommerce dengan basis B2B adalah pilihan terbaik yang bisa kamu ambil. Ecommerce seperti Mbizmarket memiliki sistem keamanan terbaik untuk menyimpan data pembeli dan juga data transaksi yang dilakukan di sana.

Oleh sebab itulah, ecommerce berbasis B2B seperti Mbizmarket sangat disarankan untuk dipilih dalam hal mengadakan barang yang aman dan terpercaya dan juga bisa untuk mempermudah kinerja kamu dalam memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis kamu.

Mbizmarket solusi pengadaan online no 1 di Indonesia yang bisa memenuhi semua kebutuhan perusahaan atau bisnis kamu. Sebab, di sini kamu bisa menemukan puluhan ribu produk dari ribuan vendor terbaik yang tentunya terpercaya dengan harga terbaik pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *