Pesan Nasi Tumpeng di Jakarta : Tips Membuat Nasi Tumpeng Sendiri

Nasi tumpeng sering kita temukan di berbagai acara. Nasi tumpeng ini umumnya terdiri dari nasi kuning yang dibentuk menyerupai kerucut lalu di sekelilingnya diberi berbagai macam lauk. Memang, acara tasyakuran atau semacamnya tidak akan lengkap tanpa pesan nasi tumpeng mini Jakarta.

Pesan Nasi Tumpeng Mini Jakarta
Gambar : RoyalTumpeng.com

Seringnya mengadakan acara yang di dalamnya harus menghadirkan nasi tumpeng mungkin menjadikan Anda tertarik untuk membuatnya sendiri. Nah, apabila ini pertama kalinya Anda membuat nasi tumpeng dan masih bingung harus mulai darimana, maka ulasan dalam artikel ini harus Anda simak hingga selesai.

Membuat Nasi Tumpeng

Bagi yang sudah sering membuat nasi tumpeng tentu tidak akan kesulitan mengeksekusinya. Lain halnya dengan Anda yang baru pertama kali mencoba membuatnya. Meski begitu Anda tak perlu khawatir, tips-tips berikut dapat Anda terapkan ketika membuat nasi tumpeng.

  1. Nasi tumpeng putih atau kuning?

Mungkin Anda sering menjumpai nasi tumpeng berwarna kuning, tapi sebenarnya banyak juga nasi tumpeng yang warnanya putih. Jadi tentukan dulu ya kali ini mau membuat nasi tumpeng putih atau kuning.

  1. Mengolah beras

Setelah menentukan nasi tumpeng yang akan dibuat, Anda bisa memulainya dengan mencuci beras yang sudah dicampur dengan beras ketan (setiap 1 liter beras ditambahkan 200 gram beras ketan). Kemudian rendam campuran kedua beras tersebut kurang lebih selama 1 jam. Selanjutnya kukus hingga setengah matang.

  1. Memasak campuran beras dan ketan

Jika sudah dikukus, Anda bisa langsung memasak campuran beras dan ketan dengan menambahkan santan dan bumbu. Masaklah sampai santannya berkurang. Karena kali ini akan membuat nasi tumpeng kuning, maka masukkan kunyit, daun salam dan serai.

  1. Tambahkan air perasan jeruk nipis

Menambahkan air perasan jeruk nipis ini bertujuan untuk membuat butiran nasi terlihat mengkilap. Lalu tutuplah panci minimal selama 15 menit hingga nasi memadat.

  1. Cetak tumpeng

Jika nasi sudah benar-benar matang dan padat, Anda sudah bisa mengangkat nasi dari panci. Kemudian masukkan nasi ke dalam cetakan tumpeng. Agar hasil cetakan bagus, taruhlah selembar daun pisang di ujung cetakan supaya saat dibalik tumpengnya tidak lengket.

Masukkan nasi yang masih panas dalam cetakan kemudian ditekan-tekan hingga padat. Setelah dirasa cukup padat, tumpeng bisa dilepaskan dari cetakan.

  1. Beri lauk pauk

Umumnya tumpeng ini akan beri berbagai macam lauk di sekelilingnya. Pilihan lauk yang bisa digunakan adalah telur dadar, ayam goreng, kering tempe, abon, perkedel dan sambal goreng. Tinggal disesuaikan saja dengan keinginan.

Demikianlah tips-tips yang bisa Anda terapkan ketika ingin membuat nasi tumpeng sendiri. Namun jika Anda belum percaya diri dengan hasil tumpeng buatan sendiri, tidak ada salahnya jika Anda pesan nasi tumpeng di Jakarta. Selain lebih praktis, rasa nasi tumpengnya sudah pasti lezat dan pilihan lauknya sangat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *