Ragam Jenis Kerupuk yang Paling Populer di Indonesia

Indonesia kaya akan jenis kuliner khas yang sangat menarik, salah satunya adalah kerupuk. Bisa dikatakan jika kerupuk adalah salah satu panganan yang paling disukai. Rasanya yang renyah dan khas tentu sangat nikmat. Tidak hanya itu, kerupuk juga bisa menjadi camilan ataupun pendamping makan. Bahkan, banyak masyarakat mengatakan tidak lengkap makan tanpa kerupuk.

Nah, ada banyak sekali jenis kerupuk yang tersedia. Bahkan, bisa jadi, tiap daerah di Indonesia memiliki produk kerupuk khas mereka.

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam jenis kerupuk yang bisa menjadi pilihan dan barangkali cocok untuk menambah pengalaman Anda menikmati sajian kuliner Indonesia. Penasaran? Simak ulasannya!

Beragam Jenis Kerupuk di Indonesia

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada cukup banyak jenis kerupuk yang ada di Indonesia dan bisa menjadi pilihan untuk dinikmati. Nah, beberapa jenis kerupuk tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kerupuk mawar

Salah satu jenis kerupuk yang sangat terkenal di Indonesia adalah kerupuk mawar. Nama kerupuk ini didasarkan pada bentuk kerupuk yang menyerupai kelopak mawar yang bertumpuk. Nah, masyarakat Indonesia juga menyebut kerupuk ini dengan nama kerupuk blek karena ditempatkan di blek besar.

Kerupuk ini memiliki rasa yang cukup gurih dan renyah. Umumnya, masyarakat mengonsumsi kerupuk ini sebagai pelengkap lauk.

  • Kerupuk bawang

Kerupuk bawang juga menjadi salah satu jenis kerupuk yang cukup terkenal di Indonesia. Seperti namanya, kerupuk ini memiliki rasa khas dengan aroma bawang yang cukup kental.

Karena adanya tambahan bawang, rasa gurih kerupuk ini lebih terasa dibandingkan dengan kerupuk blek. Selain itu, umumnya, kerupuk bawang dijadikan tambahan lauk untuk nasi uduk.

  • Kerupuk udang

Anda tentu sudah familiar dengan kerupuk yang satu ini, bukan? Bisa dikatakan jika kerupuk udang termasuk salah satu jenis kerupuk yang sangat terkenal dan nikmat untuk dijadikan camilan.

Di pasaran, kerupuk udang tersedia dengan ukuran yang berbeda. Anda bisa memilih kerupuk dengan ukuran yang kecil ataupun besar untuk dinikmati.

  • Kerupuk kulit

Sesuai namanya, bahan dasar dari kerupuk ini adalah kulit. Umumnya, kulit yang digunakan adalah kulit sapi. Nah, karena bahan baku yang berbeda, di mana kerupuk lain umumnya menggunakan tepung, harga kerupuk kulit cenderung lebih mahal. Namun, kerupuk ini memiliki rasa yang sangat nikmat sehingga disukai oleh banyak orang.

Beberapa jenis kerupuk di atas merupakan kerupuk populer yang banyak diminati. Tentu, selain beberapa opsi tersebut, masih banyak jenis kerupuk lain yang tersedia.

Tips Menggoreng Kerupuk Agar Renyah

Kenikmatan kerupuk ada pada rasanya yang renyah. Oleh karenanya, Anda harus mengetahui tips menggoreng kerupuk agar renyah dan nikmat.

Sebelum menggoreng kerupuk, pastikan jika kerupuk yang Anda siapkan sudah dalam keadaan benar-benar kering. Hal ini penting karena kerupuk yang kering nantinya bisa mengembang dengan sempurna. Jika diperlukan, jemur ulang kerupuk di bawah sinar matahari.

Selain itu, gunakan minyak yang banyak dan panas saat menggoreng kerupuk. Ini adalah tips yang sangat penting agar kerupuk bisa mengembang sempurna dan lebih renyah.

Juga, hindar menggoreng kerupuk terlalu lama. Setelah dimasukkan ke dalam minyak panas, segera aduk kerupuk dan jika sudah mengembang sempurna, maka angkat.

Demikian beberapa ulasan tentang aneka kerupuk yang terkenal di Indonesia. Jika berminat, Anda bisa mendapatkan aneka kerupuk tersebut dengan mudah di Blibli.com. Jadi, apa jenis kerupuk yang menjadi favorite Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *