Ragam Manfaat Konservasi untuk Alam dan Kehidupan Manusia

Manusia menjadi salah satu makhluk yang paling banyak memanfaatkan alam untuk kehidupan. Tidak jarang kita melakukan eksploitasi terhadap alam tanpa memikirkan dampak buruk yang akan terjadi. Kesadaran manusia untuk melakukan konservasi alam masih sangat rendah. Hal ini cukup memprihatinkan karena kondisi alam saat ini semakin memburuk.

Konservasi atau pelestarian alam sangat penting untuk dilakukan. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga agar alam tetap seimbang.  di samping itu,  melestarikan Alam juga memberikan manfaat untuk manusia.

Manfaat Konservasi untuk Alam dan Manusia

Di bawah ini merupakan penjelasan tentang manfaat melakukan konservasi untuk alam dan untuk manusia.

  1. Menjaga Sumber Air

Pertama, Melestarikan alam dapat bermanfaat untuk menjaga ketersediaan sumber air. Saat ini,  ketersediaan sumber air bersih semakin sedikit. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain eksploitasi hutan yang berlebihan, bencana alam,  serta  perubahan iklim yang semakin tidak menentu. Melestarikan hutan dengan penanaman pohon kembali dapat mengembalikan sumber air yang hilang.

  1. Melestarikan Flora dan Fauna

Indonesia memiliki flora dan fauna yang hampir punah. Salah satu cara untuk melestarikan flora dan fauna adalah melakukan konservasi terhadap alam yang menjadi habitat mereka. Pelestarian flora dan fauna juga bisa dilaksanakan dengan membangun penangkaran untuk mengembangbiakkan binatang serta tumbuhan yang terancam punah. Selanjutnya, mereka dilepas liarkan kembali.

  1. Meningkatkan Produksi Sumber Makanan

Sumber makanan kita hampir 90% berasal dari alam, baik makanan nabati maupun hewani. Melakukan konservasi terhadap alam dan lingkungan mampu meningkatkan produksi sumber makanan. Hal ini juga akan menguntungkan bagi manusia, dimana hidupnya sangat bergantung pada alam.

Aqua merupakan salah satu produsen air mineral kemasan yang tidak mengesampingkan masalah alam. Perusahaan ini berkontribusi untuk melestarikan lingkungan dengan tidak mengeksploitasi sumber air secara berlebihan. Aqua juga gencar melakukan kampanye terkait penggunaan plastik secara bijak. Aqua mewujudkan kampanye ini dengan menggunakan plastik recycle.

Masih banyak upaya pelestarian alam yang dilakukan oleh Aqua. Informasi mengenai produk aqua serta kontribusinya untuk lingkungan di https://www.sehataqua.co.id/aqualife/. Jangan lupa mengonsumsi air mineral aqua untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan mineral. Membeli dan mengonsumsi produk aqua sama dengan berkontribusi untuk melestarikan alam Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *