STNK Motor Anda Hilang? Simak Cara Urus STNK Hilang Ini


Otomotif / Monday, February 4th, 2019

Kehilangan dokumen penting tentu akan membuat Anda kebingungan. Apalagi jika dokumen penting tersebut adalah STNK. Seperti yang diketahui bahwa STNK ini menjadi bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan sepeda motor dan memiliki identitas kepemilikan. Jika STNK hilang, Anda harus segera urus STNK hilang tersebut.

Urus STNK Hilang

Di dalam STNK berisi identitas kepemilikan seperti nama dan alamat pemilik dan nomor polisi. Selain itu juga terdapat identitas kendaraan bermotor seperti merk/ tipe, jenis atau model, tahun pembuatan kendaraan, dan lain-lain. Maka dari itu STNK sangatlah penting, karena jika STNK hilang, maka Anda tidak punya bukti jika Anda adalah pemilik sah dari kendaraan bermotor tersebut.

Resiko lainnya, Anda akan ditilang jika berkendara namun tidak memiliki STNK. Jika Anda tidak ingin ditilang, perlu urus STNK hilang dengan segera. Anda bisa segera mengurus penggantian STNK dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Membuat laporan kehilangan STNK di kantor polisi terdekat

Jika Anda sudah menyadari STNK hilang, segera membuat laporan di kantor polisi terdekat. Selanjutnya Anda akan dibuatkan surat keterangan kehilangan, jika sudah bawa surat tersebut untuk memproses pembuatan STNK yang baru sebagai pengganti yang hilang.

  1. Menyiapkan berkas kelengkapan

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menyiapkan berbagai kelengkapan berkas yang nantinya akan digunakan sebagai persyaratan administratif.

Nah, untuk mengurus penggantian STNK yang hilang, berikut ini beberapa persyaratan yang harus disiapkan :

  1. KTP pemilik kendaraan yang asli dan fotokopi
  2. Fotokopi STNK yang sudah hilang
  3. Surat keterangan kehilangan STNK dari kantor polisi, boleh polsek atau polres setempat.
  4. BPKB yang asli dan fotokopi

 

  1. Datang ke kantor SAMSAT

Setelah semua berkas persyaratan administratif sudah lengkap, Anda bisa membawanya ke kantor SAMSAT. Kantor ini adalah tempat untuk menerbitkan atau mengesahkan STNK. Ini dia cara-cara untuk mengurus penggantian STNK yang hilang di kantor SAMSAT :

  • Cek fisik kendaraan

Lakukan cek fisik kendaraan sekaligus gesek nomor rangka dan juga mesin. Hasil cek fisik bisa Anda fotokopi.

 

  • Mengisi formulir pendaftaran

Isi formulir untuk membuat STNK yang baru, pastikan semua data Anda lengkap dan benar. Jika sudah, serahkan ke loket STNK hilang, dan sertakan berkas persyaratan administrasi yang sudah Anda siapkan.

 

  • Mengurus cek blokir (surat keterangan hilang dari SAMSAT)

Mengurus cek blokir disini yang dimaksud adalah Anda mengurus surat keterangan mengenai STNK hilang dari SAMSAT. Isi dari surat tersebut adalah keterangan keabsahan STNK (STNK tidak dalam kondisi diblokir atau masih dalam pencarian). Sertakan hasil cek fisik kendaraan yang sudah Anda buat.

 

  • Mengurus pembuatan STNK baru di loket BBN II

Anda harus menyerahkan semua persyaratan administrasi di loket BBN atau Bea Balik Nama II.

 

  • Membayar pajak

Ini berlaku jika Anda belum membayar pajak tahunan motor tersebut.

 

  • Membayar biaya pembuatan STNK baru

Untuk menerbitkan STNK baru dikenakan biaya sebagai berikut :

  • Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, dan angkutan umum = 50 ribu rupiah
  • Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih = 75 ribu rupiah
  • Pengesahan STNK = 0 rupiah

 

  • Mengambil STNK dan SKPD

Jika Anda sudah menyelesaikan semua langkah untuk membuat STNK baru, Anda tinggal menyerahkan bukti pembayaran dari kasir ke bagian pengambilan STNK baru, lalu tunggu panggilan untuk mengambil STNK baru dan SKPD atau surat ketetapan pajak daerah yang sudah jadi.

Demikian beberapa langkah-langkah yang harus Anda lalui untuk urus STNK hilang. Semoga bisa membantu bagi Anda yang masih bingung harus melakukan apa untuk mengurus STNK yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *