Tahap-Tahap Perawatan Trafo

Trafo

Salah satu bagian dari sistem kelistrikan yang paling penting adalah trafo. Iya trafo memiliki peran vital dalam sebuah sistem kelistrikan. Ketika terjadi kerusakan pada trafo, maka semuanya kemungkinan tidak akan berfungsi. Untuk itu perawatan trafo merupakan hal yang penting. Nah karena perawatan trafo juga tidak mudah, maka harus dilakukan oleh orang-orang yang benar profesional dibidangnya. Nah bagi Anda yang membutuhkan tenaga ahli dalam melakukan perawatan trafo, maka Anda dapat menggunakan jasa perawatan trafo dari Sewatama.

Iya perawatan trafo dibagi menjadi tiga tahap mulai dari pemeriksaan dan analisa minyak isolasi trafo, pengamatan dan pemeriksaan secara langsung, pemeriksaan secara teliti, dan sebagainya. Nah apabila perusahaan Anda belum memiliki tenaga ahli di bidang kelistrikan, maka Anda dapat menghubungi tenaga ahli di bidang kelistrikan dari Sewatama yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun dalam memberikan pelayanan terbaik di bidang kelistrikan di Indonesia.

Tahap Perawatan Trafo

Perawatan trafo merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu melakukan perawatan terhadap trafo harus dilakukan secara berkala sehingga akan memberikan manfaat yang sangat efektif. Nah berikut beberapa tahapan dalam melakukan perawatan trafo:

  1. Pemeriksaan dan analisa minyak pada isolasi trafo

Dalam hal ini terdapat tahap yang memiliki dampak sangat penting yang dimulai dari pemeriksaan serta analisa kandungan gas terlarut yang fungsinya adalah guna mencegah discharges, deteriorasi atau pemburukan kertas, dan terjadinya kegagalan thermal. Tahap selanjutnya yakni pemeriksaan serta analisa minyak isolasi yang meliputi power factor neutralisation number, furfural analysis, dan masih banyak yang lainnya.

  1. Pengamatan dan juga pemeriksaan secara langsung

Dalam hal ini perawatan trafo dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap kondisi fisik trafo secara menyeluruh. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan alat ukur, saringan atau filter, relay, dan masih banyak yang lainnya. Setelah itu dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan sinar infra merah atau yang disebut dengan infrared monitoring.

Nah itu dia beberapa tahap dalam melakukan perawatan trafo. Jadi bagi Anda yang masih belum paham tentang perawatan trafo yang baik, Anda dapat menggunakan jasa perawatan trafo dari Sewatama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *