Tak Ingin Komputer Mudah Rusak? Lakukan Tips-Tips Ini

Komputer menjadi perangkat elektronik yang hingga hari ini masih eksis digunakan sebagai penunjang aktivitas digital. Sekali pun sudah ada laptop sebagai bentuk kecanggihan teknologi, komputer tetap menjadi pilihan karena kapasitas RAM yang besar. Penggunaan komputer di kantor-kantor terus ada sebagai alat operasional. Anda yang bertindak selaku staff operasional perlu melakukan perawatan agar terhindar dari berbagai jenis kerusakan.

Komputer

Anda bisa pula menerapkan tips ini pada komputer kerja yang ada di rumah. Perawatan terhadap perangkat elektronik membuatnya lebih awet. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar komputer tidak mudah rusak.

  1. UPS atau Stabilizer.

Menggunakan UPS atau stabilizer sebagai upaya untuk mengantisipasi kerusakan komponen komputer karena adanya pemadaman listrik mendadak. Anda bisa memilih akan menggunakan USP atau stabilizer sesuai kebutuhan. Langkah ini sangat penting terlebih untuk wilayah yang sering terjadi pemadaman listrik bergilir.

  1. Kabel Ground

Memasang kabel ground  merupakan tips yang bisa dilakukan sebagai bentuk perawatan komputer. Kabel ground ini berfungsi untuk mengantisipasi adanya arus listrik pada casing komputer yang bisa membuat Anda kesetrum saat tidak sengaja menyentuhnya.

Sambungkan bagian salah satu ujung kabel dengan badan CPU dan ujung satunya lagi ditanam di dalam tanah. Cara ini akan membuat arus listrik yang tidak diinginkan akan menjadi netral, sehingga Anda tidak akan kesetrum ketika memegangnya.

  1. Speaker Active

Tips berikutnya yang dapat dilakukan untuk menghindari komputer dari kerusakan adalah dengan mengatur letak speaker active agar tidak terlalu dekat dengan monitor. Letakkanlah dengan jarak minimal 30 cm. Umumnya speaker active ini akan diletakkan di sebelah kanan atau kiri monitor.

Padahal penempatan tersebut kurang tepat karena medan magnet yang ada di speaker akan mempengaruhi kualitas monitor. Salah satu akibatnya yang akan terlihat adalah warna pada monitor yang menjadi tidak rata atau tidak stabil.

  1. Matikan Komputer dengan benar

Mematikan komputer dengan cara yang tepat membuat umur komputer lebih panjang. Sebelum mematikan komputer, tutuplah semua program yang sedang dibuka dan kemudian baru tekan shut down. Jangan langsung mematikannya dengan mencabut stop kontak karena ini dapat menyebabkan kerusakan pada komputer.

  1. Bersihkan Hardware

Anda juga perlu membersihkan hardware secara rutin minimal setiap dua bulan sekali. Debu yang dibiarkan menempel sedikit banyaknya akan mengganggu kinerja hardware yang ada. Salah satunya akan menjadi penghambat sirkulasi pada komputer, sehingga lebih cepat panas.

Selain itu Anda juga perlu membersihkan motherboard dan periferal. Caranya dilakukan dengan membuka casing-nya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kain lap dari microfiber atau pun menggunakan sikat halus. Manfaatkan cover khusus komputer agar komponen komputer terhindar dari debu dan kotoran.

  1. Tegangan Listrik Stabil

Tips yang tak kalah pentingnya dalam melakukan perawatan adalah memastikan tegangan listrik yang digunakan dalam kondisi stabil. Ketika listrik turun naik secara terus-menerus ini akan mempengaruhi kerja hardware dan menyebabkan kerusakan. Kerusakan akan dimulai dari power supply.

Demikianlah 6 tips yang dapat Anda terapkan agar komputer tetap memiliki kinerja normal. Selain perawatan di atas, Anda juga bisa memantau program yang ada di dalam komputer. Jika ada program atau file yang sekiranya tidak dibutuhkan, sebaiknya dihapus saja agar mengurangi kapasitas RAM yang digunakan.

Komputer sama seperti perangkat elektronik lainnya yang bisa rusak jika tidak dirawat dengan benar. Oleh karena itu usahakan untuk merawat komputer secara berkala sehingga fungsinya tetap optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *