Apa Saja Gejala dan Penyebab Mata Ikan? Info SehatQ.com

Mata Ikan merupakan jenis gangguan kulit yang tampak menebal serta mengeras akibat adanya tekanan dan gesekan kulit yang mungkin terjadi berulang-ulang. Gangguan kulit mata ikan ini dapat menyebabkan iritasi dan hampir mirip dengan kapalan. Namun gangguan kulit ini biasanya akan tampak lebih kecil, keras namun juga cukup menyakitkan.

Gejala dan Penyebab yang Bisa Anda Ketahui

  1. Gejala yang Harus Anda Ketahui

Gejala yang muncul tidak jauh beda dengan kapalan, yaitu munculnya bercak keras serta tebal pada kulit. Kemudian munculnya benjolan pada kulit serta terdapat area bersisik dan kering, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman jika area tersebut terkena sentuhan. Meskipun gejala tersebut hampir sama dengan gejala kapalan, namun kapalan dan mata ikan merupakan dua hal berbeda.

Gangguan ini bahkan juga menyerang bagian kaki yang tidak menahan beban, misalnya pada bagian samping jari bahkan antara jari. Perbedaan lainnya juga terasa pada nyeri yang dihasilkan lebih parah daripada pada kapalan meskipun kapalan juga terkadang menimbulkan rasa nyeri. Selain itu ukuran kapalan juga lebih besar dan bervariasi.

Adapun beberapa jenis bentuk dari gangguan kulit ini antara lain yaitu keras, jenis tekstur keras ini ditandai dengan adanya area kulit yang padat serta berukuran kecil biasanya terdapat di jari kaki. Kemudian lunak, biasanya berwarna putih memiliki tekstur lunak dan kenyal dan tumbuh di antara jari kaki. Terakhir adalah benih, ukurannya kecil dan muncul pada bawah kaki.

  1. Penyebab Mata Ikan

Gangguan kulit ini dapat tumbuh pada kulit apabila terjadi gesekan yang sering sehingga akan menimbulkan tekanan bahkan iritasi dan penebalannya terjadi secara alami. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal ini terjadi yaitu pemakaian sepatu yang tidak muat, tidak mengenakan kaos kaki saat bersepatu, menggunakan sepatu dengan bentuk tak wajar.

Selain faktor tersebut, ada juga kondisi medis tertentu yaitu seperti Bunion, benjolan karena tulang yang abnormal dan terbentuk pada sendi di pangkal pada jari jempol kaki. Hammertoe, yaitu kondisi kelainan yang akan membuat ibu jari berbentuk agak menekuk seperti bentuk cakar. Kelainan anatomi pada kaki, yaitu disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang berlebih.

Kebiasaan lain yang dapat memunculkan  gangguan kulit ini adalah merokok. Karena pada perokok akan mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga jaringan pada kulit akan mengecil dan lemak sebagai bantalan pada kaki hilang sehingga tulang akan menekan kulit dan menimbulkan kondisi gangguan seperti di atas.

  1. Diagnosis

Selain gejala dan penyebab, Anda juga bisa mengetahui diagnosis gangguan kulit lengkap dengan cara mengatasinya di info penyakit SehatQ.com karena disana aka nada banyak pembahasan mengenai kondisi seperti ini. Untuk mendiagnosis hal seperti ini tidak diperlukan pemeriksaan khusus. Dokter biasanya hanya melakukan pengamatan fisik kulit di sekitarnya.

Anda juga dapat mengobati gangguan seperti ini hanya dengan di rumah saja, dengan cara merendam area yang diserang dengan air hangat selama 5 hingga 10 menit kemudian mengoleskan pelembab atau produk salep yang mengandung asam salisilat, ammonium laktat atau urea dan oleskan pada area yang diserang.

Kemungkinan terburuk dari tumbuhnya gangguan kulit seperti ini adalah menjalankan sebuah operasi kecil jika dirasa sudah terasa mengganggu dan menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Tindakan ini dilakukan dengan memotong area kulit yang menebal dengan membius lokal. Dokter juga akan menggunakan antibiotik jika ditemukan gejala infeksi karena operasi.

Memperhatikan kesehatan tubuh merupakan kewajiban pada setiap individu. Untuk itu tetaplah berhati-hati dan tetaplah menjaga kesehatan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak iinginkan terjadi pada tubuh. Terlebih jika masalah tersebut timbul akibat keteledoran dan menyepelekan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *