Sabun Aloe Vera: Manfaat Aloe Vera untuk Kesehatan Kulit

Setiap harinya kita disibukkan oleh aktivitas yang padat. Debu, polusi, hingga keringat berlebih menempel pada tubuh kita. Satu-satunya cara agar kita bisa kembali segar adalah mandi dengan air dingin dan tentunya memakai sabun aloe vera. Mandi akan mengembalikan sensasi segar pada tubuh, menjaga kelembaban kulit, dan membuang kotoran juga bakteri.

Sabun Aloe Vera

Kandungan yang ada pada sabun mandi yang digunakan bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan kulit. Ada sabun dengan kandungan olive oil, madu, bunga rose, antiseptic, dan masih banyak lagi. Salah satu bahan alami yang sedang menjadi tren di dunia kecantikan yaitu aloe vera. Banyak sekali produsen perawatan kulit yang menambahkan kandungan alami ini ke dalam produk mereka, salah satunya yaitu ke dalam sabun.

Sabun aloe vera bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit. Kandungan zat lignin yang terdapat pada ekstrak aloe vera dapat meresap ke dalam kulit dan mencegah terjadinya dehidrasi. Kulit akan senantiasa terlihat lembab, lembut, dan awet muda.

Aloe vera atau lidah buaya begitu diminati oleh banyak kalangan. Kandungan alaminya seperti vitamin, mineral, asam amino, asam folat, dan niacin memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kulit.  Apa saja manfaatnya?

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Gel lidah buaya akan melepaskan vitamin alami dan enzim pada kulit untuk memberikan efek lembab. Efek ini tidak akan memberikan efek berminyak pada kulit. Kelembaban kulit sangat efektif dalam membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

  1. Mencegah Kulit Kering

Kandungan pada aloe vera dapat bertindak sebagai pelembab alami. Kulit menjadi terhidrasi dengan baik dan elistisitasnya pun meningkat. Kulit yang kering akan membuat kulit cepat keriput, maka dari itu kelembaban kulit sangat dibutuhkan.

  1. Mengatasi Jerawat

Kandungan anti-inflamasi yang ada pada kandungan aloe vera berfungsi untuk mencegah dan mengobati jerawat. Kandungannya dapat meringankan radang kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat dan mencegah jerawat itu dating kembali.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Semakin bertambahnya umur, semakin menua juga usia kulit kita. Garis-garis halus mulai tampak di daerah wajah dan elastisitas kulit mulai berkurang. Kandungan antioksidan beta karoten dapat membantu menghidrasi dan meningkatkan elastisitas kulit. Jika kulit cukup terhidrasi, kulit menjadi segar, kencang dan terlihat awet muda.

  1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Kulit yang kusam membuat kita tidak percaya diri. Mengoleskan gel atau masker aloe vera dapat membantu mencerahkan wajah dan kulit kita. Kandungannya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada pada kulit. Oleskan setiap hari sebelum pemakaian make up dan menjelang tidur.

  1. Meringankan gejala alergi

Kandungan alami sifat alergi pada aloe vera berfungsi sebagai obat berbagai macam penyakit kulit seperti eksim, gatal-gatal, kutu air, psoriasis, dan lain-lain. Selain untuk alergi, aloe vera juga dapat membantu proses penyembuhan luka lecet, gigitan serangga, dan luka lainnya.

Untuk pria, aloe vera dapat digunakan sebagai pelembab aftershave dan meringankan luka akibat bekas cukur.

  1. Mengurangi Stretchmark

Selulit atau stretchmark umumnya terjadi pada wanita yang sedang hamil dan mengalami kenaikan berat badan. Kulit mengalami pelebaran yang terlalu cepat sehingga elastisitas kulit menjadi rusak.

Hal tersebut tentunya akan mengganggu kepercayaan diri seseorang, karena stretchmark umumnya terdapat pada bagian betis, lengan, paha, dan pantat. Dengan mengoleskan aloe vera secara rutin, stretchmark perlahan akan pudar.

Demikianlah beberapa manfaat yang dimiliki sabun aloe vera untuk kesehatan kulit. Ternyata banyak sekali ya manfaatnya. Tentu ini menjadi opsi terbaik bagi kita yang ingin menjaga kesehatan kulit tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *